Senin, 27 Juli 2009

Sebelas Tahun Telkomsel, Jadi Ikon Melayani Indonesia

Oleh H M Dahlan Abubakar

Pada tanggal 25 Mei 1995 Telkomsel mulai beroperasi di Indonesia sebagai perusahaan selular layanan pasca-bayar. Satu dasawarsa kemudian, September 2005, pelanggannya sudah ditutup pada angka 23,5 juta dengan basis di berbagai perusahaan. Angka ini merebut sekitar 54 persen pangsa pasar selular di tanah air. Kini, operator selular ini merebut 28 juta pelanggan.
Awalnya November 1997, perusahaan ini menjadi operator telekomunikasi selular pertama di Asia yang memperkenalkan layanan GSM pengisian ulang prabayar. Pendapatan perusahaan tumbuh dari Rp 2,801 milyar pada tahun 2000 membengkak menjadi Rp 14,77 triliun pada tahun 2004.dengan total pertambahan dari perkiraan dari 1,7 juta pelanggan pada tanggal 31 Desember 2000 menjadi 16,3 juta pada 31 Desember 2004.
Kini, memanfaatkan teknologi dualband 800/1900 MHz jaringan GSM, hingga Juni 2005 operator ini memiliki 238 mitra roaming internasional yang tersebar pada 147 negara. Mengandalkan layanan dua kartu prabayar simPATI dan kartuAS berikut layanan pascabayar kartuHALO memberikan nilai tambah bagi para penggunanya. Dalam usianya yang 11 tahun saat ini, Telkomsel mampu merebut 28 juta pelanggan atau 53 persen pangsa pasar selular di Indonesia. Hingga kini merebut coverage sekitar 90 persen penduduk Indonesia. Jumlah ini sekaligus menempatkannya sebagai satu-satunya operator selular di Indonesia yang mengkover seluruh provinsi, kota, hingga kecamatan dengan menggunakan GSM Dual Band 900/1900MHz, GPRS, Wi-Fi dan Teknologi EDGE berikut G3.
Sejumlah peristiwa penting menyertai kiprah operator selular ini sepanjang tahun kehadirannya. Memasuki tahun 2000, merupakan era inovasi yang luar biasa dilakukan. Juli 2002 perusahaan menerima Brand Performance 2002 dengan menerima Best Brand Award. Peduli kegiatan nasional pun dinimbrunginya. Seperti Telkomsel Peduli Anti Narkoba. Untuk kepentingan pemasaran, diluncurkan simPATI nomor Jayapura dan memperluas jangkauan hingga Wamena yang terisolasi di Bumi Papua itu. Masih pada tahun ini, September, diterima penghargaan atas kepuasan pelanggan 2002 dengan menempatkan kartuHALO dan simPATI sebagai kartu terbaik. Di bulan Oktober, Telkomsel mengukir 5 juta pelanggan. Menjelang tutup tahun, diluncurkan layanan 'Nasihat Harian Aa Gym' dan peluncuran kartuHALO naviGator 64.
Sepanjang tahun 2003, prestasi demi prestasi diukir. Kegiatan demi kegiatan disemai. Di Surabaya ada info Samsat. Disusul SimPATI roaming internasional, dan memperluas zona tarif lokal di Jawa-Madura serta simPATI zone pada tiga bulan pertama. MMS gratis pun diluncurkan pada bulan April. Dan, Mei, tepat sewindu usianya, Telkomsel merebut 7 juta pelanggan. SimPATI pun dapat digunakan pada 30 negara. Juni, mereka yang memenangkan kuis Ramadan menikmati perjalanan umrah. Sepanjang Juli, kerja bareng Telkomsel-Telkom meluncurkan layahan WiFi-peluncuran layanan surfzone. No Compromise No Problem, itulah slogan baru simPATI yang diluncurkan. Kembali menerima Best Brand Award, tahun 2003 serta mengembangkan bisnis dan pelayanan secara bersama.. September, diluncurkan layanan Direktori SMS 8108 dan layanan Yahoo!2SMS Telkomsel. Oktober, menggelar High Performance Network dan mengukir 9 juta pelanggan. Kuis Ramadan diluncurkan dan membuka layanan siaga gratis terima telepon selama periode mudik. November, menyerahkan infaq pelanggan ke Manajemen Qalbu (MQ) Corporate, diikuti layanan AA Gym streaming. Tahun ini dikunci dengan 'Telkomsel, SCTV dan Gede Prama 'menguak kabut nurani'.
Tahun 2004 dibuka dengan menerima ISO 9001 versi 2000. Agenda Februari, paket HALObebas diluncurkan. Memelopori layanan 3G di Indonesia dan pelanggan tumbuh 60 persen, dengan target melayani 14 juta pelanggan. Syukuran 10 juta pelanggan dan layanan 'Windows on Telkomsel' berlangsung Maret. April kegiatan membludak. Terjadi penyesuaian tarif, laporan tahuanan 2003 menyebutkan, pelanggan meroket 60 persen. Juga diluncurkan MMS lintas operator dan penjualan 1,1 juta per bulan juga dicatat. Mei, kartuAS 'lahir'. Juni, pelanggan kartuHALO tumbuh 300 persen dan meluncurkan M-KIOS. Juli, m-BCA Telkomsel diluncurkan dan isi ulang simPATI via kartuHALO. Juga tersedia layanan Mobile Data via kartuHALO Data. Tak lupa mengajak masyarakat mewaspadai 'negative campaign'. Agustus, kartuAS yang lahir Mei, capai 1 juta pelanggan. September, menggandeng VISA Internasional dan peluncuran simPATI autorefill via kartu VISA, bebas roaming kartuHALO, nada sambung pribadi, donor 10.000 kartu AS gratis mendukung PON XVI Palembang, menghadirkan COMBAT dan surfZONE serta paket perdana simPATI HOKI 25 diluncurkan. Oktober, menggaet Garuda luncurkan infor Garuda via SMS, siaga 2004 dan bonus senilai Rp 140 miliyar dan gratis SMS sesama pelanggan. November, sukses melayani pelanggan, layanan tetap prima. Menjadi operator terkemuka di Asia Pasifik membentuk Joint Venuture Bridge Mobile Alliance dan tarif simPATI turun pada pukul 23.00-05.59 ke sesama pelanggan Telkomsel. tahun 2004 ditutup dengan peluncuran fitur SMS MO simPATI International Roaming dan inovasi baru, Mobile Message Board.
Peluncuran Kartu Perdana simPATI m-BCA membuka lembaran tahun 2005. Februari, tarif plat saat tidak sibuk untuk HALObebas 150 SMS dan bebas abonemen. Call center meraih ISO 9001/2000, Sebanyak 65 kendaraan kancil disumbang, menyusul SMS peduli Aceh Rp 654.392.000 per 31 Januari 2005 dan menyerahkan sumbangan pelanggan kepada PMI buat korban gempa bumi dan tsunami Aceh. Maret, pelanggan simPATI ukir 12 juta. Peluncuran Panen POIN HOKI simPATI terjadi April diikuti beberapa kegiatan lainnya. Pada bulan Mei, diujicoba layanan 3G. KartuAS mengukir rekor 5 juta pelanggan dalam 11 bulan. .Terungkap pula, 70 % dasar pertumbuhan pelanggan. Layanan m-ATM pertama di Indonesia kerja sama dengan Mandiri diluncurkan Juni. Juli, peresmian Telecomunication Center Makasar oleh Gubernur Sulsel H.M.Amin Syam dan layanan Corporate Business Solution. Agustus ada kegiatan sosial, 1.200 anak dikhitan massal. September, layanan ekslusif HALOclub. SMSINFAQ VIA 8804, serahkan infaq ke MQ Corporation, meluncurkan World Cyber Games Mobile pertama di Indonesia dan Asia terjadi bulan Oktober. November, Indonesia juara Asia Pasifik dan Runner up Dunia Wolrd Cuber Games Mobile 2005. Tahun ini dikunci dengan penyiapan registrasi prabayar, NSP 1212 Telkomsel raih The Best Innovation Award 2005, peluncuran kartu Citibank.
Lembaran 2006 dibuka dengan layanan transfer pulsa kartu As. Juga ada tarif hemat simPATI. Pada Februari, raih 4 award di awal tahun, luncurkan Kartu As edisi SLANK dan Telkomsel.pon. Maret, mencatat 26 juta pelanggan. April, registrasi prabayar mendaftar 16,5 juta pelanggan dan menggandeng Bank Muamalat. Kartu As menyabet 27 juta pelanggan (53 % pengguna ponsel Indonesia). Penghargaan Customer Loyalty Award 2006 dan The Best Call Center 2006. Mei ini, Telkomsel merebut 28 juta pelanggan dan menggelar Corporate Sharing Session & Exhibition 2006.
Selama sebelas tahun kiprahnya dalam dunia selular Indonesia, perusahaan ini sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat yang mobilitasnya kian tinggi. Telkomsel telah menjadi ikon bagi negeri ini. Ia telah hadir untuk melayani Indonesia. Hadir untuk membuka isolasi wilayah di tengah kompetisi yang kian kompleks dan ketat..
Meski demikian, perusahaan ini sudah memiliki branding dalam berbisnis. Bukti pengakuan itu adalah penghargaan demi penghargaan yang diraihnya selama ini. Ia tidak hanya memiliki motto 'semakin dekat makin nyata', tetapi juga memiliki kedekatan dengan pelanggan. Kedekatan itu dilandasi profesionalisme dan konsistensi yang didukung tim kerja yang kompak. Lalu, integritas perusahaan, memadukan hati nurani dan perilaku sesuai takaran dan standar yang berlaku.
Kalau diibaratkan manusia, usia sebelas tahun baru lepas balita. Tetapi, bagi Telkomsel, sebelas tahun, seabrek inovasi, sederetan sumbangsih tertunai. Sebelas tahun mengukir prestasi merangkul Nusantara, melayani Indonesia.. ***.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar